Cek Venue Wedding Bandung dengan Biaya Terjangkau!

13 comments
Venue Wedding Bandung

Tahun ini menjadi tahun kebahagiaan bagi keluarga kami. Salah seorang sepupu kami berniat melepas masa lajangnya. Kami mencari venue wedding bandung yang murah dan terjangkau untuk tempat syukuran dari pernikahan yang akan dilangsungkan.

Tepi Kota, Bandung

Tak banyak orang yang tahu mengenai destinasi wisata berkonsep taman kota dan kids friendly dengan luas 5 hektar ini. Lokasinya berada di Jl. Padang Golf, Sukamiskin, Kec. Arcamanik, Kota Bandung, tak jauh dari Jabar Sport Center. Tiket masuknya yang murah meriah, hanya seharga Rp. 10.000 dengan bonus air mineral 330 ml yang bisa teman Menong ambil dengan menukarkan tiket masuk. 
venue tepi kota
Teman Menong bisa memilih Tepi Kota sebagai venue wedding. Salah satu bangunan berbentuk joglo dengan biaya sewa Rp. 10.000.000 untuk kapasitas 400 orang dengan fasilitas toilet khusus, ruang VIP, kursi meja payung dan listrik (tidak termasuk sound system). Teman Menong diperkenankan untuk menggunakan katering dari luar karena menu di Tepi Kota hanya menu sederhana saja kurang cocok untuk parasmanan. Tersedia juga, biaya sewa yang lebih murah untuk kapasitas lebih kecil. 
venue tepi kota
Area setengah terbuka ini memang menarik bila teman Menong ingin mengusung semi outdoor. Tempat parkirnya juga super luas sehingga bisa menampung banyak kendaraan. Hanya saja, pada saat cuaca panas, teman Menong mungkin akan sedikit membuat tak nyaman. Selain itu, karena area masih terbuka untuk pengunjung lain, privasi akan sulit terjaga.

Kedai Selasih, Bandung

Kedai yang terletak Jl. Cikutra Baru VI No.34, Neglasari, Kec. Cibeunying Kaler, Kota Bandung, berlokasi tak jauh dari Taman Makam Pahlawan Cikutra. Kedai Selasih sudah ada sejak tahun 1996 dan dikenal sebagai tempat nongkrong affordable kaum muda.

Lahan parkir bisa menampung banyak kendaraan. Penggunaan venue untuk wedding dibagi menjadi dua pilihan venue indoor (lantai atas) dan venue outdoor (taman). Hanya saja, acara dibatasi selama 4 jam dengan dua pilihan : 08.00 – 12.00 atau 09.00 – 13.00 WIB atau 14.00 – 18.00 atau 15.00 – 19.00 WIB. Hal ini sedikit menyulitkan bagi teman Menong yang ingin menggunakan venue lebih lama. Kedai Selasih juga menetapkan waktu untuk mendekor dan penggunaan audio. Jadi harap ditanyakan terlebih dahulu untuk informasi lebih lanjut.

Fasilitas yang diberikan meliputi venue, alat parasmanan, alat makan, kebersihan, listrik 16.000 watt, kursi tamu undangan, keamanan, genset, ruang make up, tim parasmanan dan perizinan. Namun fasilitas ini dikenai biaya di luar harga menu yang dipesan. Teman Menong juga harus menyewa speaker,mic dan operator yang akan digunakan.

Dari segi menu, Kedai Selasih menyajikan aneka makanan Indonesia dan Western dengan rasa yang lumayan enak.

Roemah K-Ve, Cimahi

Tempat ini tak sengaja kami temui saat jalan-jalan sore untuk mengecek lokasi KUA. Roemah K-Ve berlokasi di Jl. Mahar Martanegara No.229, Utama, Kec. Cimahi Sel., Kota Cimahi - tak jauh dari pintu tol Baros. Saya sendiri menyukai desainnya yang didominasi kaca yang menampilkan kesan kontemporer, luas dan bersih.
roemah k-ve cimahi

Roemah K-Ve bisa menampung hingga 70 orang di area indoor dan 40 orang di area outdoor. Area indoor merupakan area pemesanan menu, kasir dan dapur. Toilet dan mushola yang bersih serta setiap sudut yang instagramable membuat kami jatuh cinta pada pandangan pertama. Teman Menong tak perlu mendekorasi ruangan karena sudah terlihat cantik.
roemah k-ve

Tempat atau sewa audio (sound system dan mic) dapat disewa gratis, tak ada batas waktu dan minimal jumlah makanan. Hanya saja bila jumlah tamu tidak terlalu banyak, tamu umum dapat bergabung dalam area indoor yang membuat kita tak nyaman. Selain itu kafe buka jam 10.00 WIB sehingga tidak begitu praktis bila teman Menong akan memulai acara di pagi hari.

Menu yang tersedia adalah menu kekinian dengan harga terjangkau dan disajikan dalam box. Menu dipesan secara online by whatsapp. Kami pun berpikir soal kepantasan untuk menjamu sesepuh dengan sajian nasi box seperti itu. 
daftar harga menu roemah K-Ve

Kami pun mencoba memesan menu tertentu yang sekiranya akan kami pilih nanti. Sayangnya, waktu penyajian untuk menu 1 porsi ayam goreng dan tahu krispi memakan waktu lumayan lama, kurleb 15 menit. Bayangkan bila ada 50 porsi menu yang akan kami pesan. Rasanya sendiri bila dibilang biasa saja.

Warung Nasi Sunda Nikmat

Warung Nasi Sunda Nikmat  berada di area pom bensin, Jl.Raya Barat No.698, Padasuka, Kec. Cimahi Tengah, Kota Cimahi. Warung ini termasuk restoran sunda yang banyak digemari. Dari daftar menu, teman Menong dapat menikmati hidangan khas sunda dengan menu beragam yang disajikan dalam parasmanan. 
menu sunda nikmat
Dari segi harga, hidangan per porsi dibanderol dengan harga yang tidak dikatakan murah karena rasanya juga lumayan enak. Pemesanan minimal transaksi untuk venue wedding Rp. 1.750.000.
sunda nikmat

Venue wedding Sunda Nikmat memberikan fasilitas tempat gratis selama 4 jam pertama (dihitung dari mulai acara) dan dikenakan Rp. 2.050.000 hingga acara selesai, maksimal jam 19.30. Venue memberikan sound system gratis plus panggung kecil. Hanya saja, area venue tidak dibatasi sekat sehingga privasi tidak terjaga.
sunda nikmat

Meski resto buka mulai jam 07.00 WIB, hal lain yang menjadi pertimbangan adalah posisi resto di lantai 2 yang akan menyulitkan lansia yang tak bisa menaiki tangga dan lahan parkir terbatas karena menyatu dengan pom bensin. 

Bento Kopi

Bento Kopi yang kami pilih berlokasi di Jl. HR. Danurasmaya, Cibabat, Kec. Cimahi Utara, Kota Cimahi yang sering digunakan untuk acara resmi dan santai oleh instansi pemerintah seperti wedding, reuni, ulang tahun dan lainnya. Lahan parkir yang luas bisa menjadi pertimbangan.

Area kafe berbentuk ruangan segi empat dengan bangku kayu memanjang yang terbagi menjadi area indoor dan outdoor. Teman Menong yang memerlukan venue dengan panggung dapat menggunakan area outdoor  dengan kapasitas 250 orang.

Jenis menu memang termasuk kekinian yang kurang sesuai dengan acara resmi dan disajikan dalam box. Bento kafe menawarkan venue gratis untuk 2 jam pertama dan selanjutnya akan dikenakan biaya Rp. 50.000 (untuk order < 50 pax) dan Rp. 100.000 (untuk order > 100 pax) dengan free sound system.
menu bento kopi

Sajian dapat dihidangkan menggunakan piring/rice bowl tergantung menu yang dipilih.

Bila teman Menong berniat menyewa tempat saja, Bento Kopi memberikan rate Rp. 1.000.000/jam (katering dan dekorasi bebas dari luar). Bila ingin lebih privasi, minimum order = 200 pax.

Dari kelima venue wedding yang kami survei, kami menimbang plus dan minus setiap tempat. Dan yang paling penting disesuaikan dengan dana yang tersedia dan niat awal yaitu acara pernikahan yang sederhana. Tempat mana yang akhirnya kami pilih? Kami serahkan kembali kepada Arsas dan Drina.

Related Posts

13 comments

  1. Kedai selasih sekarang tuh nyaman, sekalipun ada acara, tapi kita pengunjung biasa tetap bisa kunjung dan tanpa saling mengganggu

    ReplyDelete
  2. Naaaahh... Senengnya sekarang tuh banyak kafe atau rumah makan yang juga menyewakan hall buat event seperti ini. Mau indoor atau outdooe tinggal pilih. Kalo dulu, jaman sepupu2ku nikah agak susah nyari venue, apalagi di kota kecil. Kalo nggak di hotel, ya gedung serbaguna punya pemerintah wkwk

    ReplyDelete
  3. Pas zaman saya nikah tuh nikahan di gedung masih dianggap sesuatu yang mewah. Padahal, ya, nggak semua gedung itu mewah. Ada yang sederhana juga. Resepsi di gedung pun bukan semata-mata ingin gaya-gayaan, melainkan memang kebutuhannya seperti itu. Tidak semua orang punya halaman rumah yang luas kan? Atau bisa jadi pertimbangannya biar di rumah tidak terlalu repot beres-beresnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan aku masih merasakan generasi yang nikah itu kalau ga rumah ya gedung. Padahal dulu aku tuh maunya di kafe/tempat makan gitu biar lebih intimate aja dengan tamu yang hadir

      Delete
    2. Nah, boleh juga, tuh. Di tempatku belum familier nikah di cafe atau tempat makan. Lebih masuk ke konsep juga, ya, kan resepsi itu memang acara makan-makan. He-he.

      Delete
  4. Wah, cantik-cantik semua nih tempat merayakan pesta pernikahan di Bandung. Dengan segala fasilitas yang ditawarkan serta harga bervariasi, tentu saja sangat menarik. Bisa sekalian akad nikah juga resepsi yang mengesankan. Apalagi kalau area parkir luas dan tamannya asri penuh tanaman dan bunga, semakin memesona.

    ReplyDelete
  5. Tertarik dengan yang no 1 dan no 2, tempatnya cantik.
    Terima kasih rekomendasinya mbak. Ditunggu rekomendasi venue-venue yg lainnya ya mbak.

    ReplyDelete
  6. Bagus-bagus venue weddingnya apalagi yang pertama Tepi Kota, model tradisional gitu joglonya, zaman sekarang ngga butuh venue weddingnya yang gede ya karena acara resepsi nikahan sekarang lebih intim dan privat nggak undang banyak orang lagi seperti dulu

    ReplyDelete
  7. Venuenya cakep-cakep, bisa disesuaikan dengan budget yang ada, yang penting sah dan sakral ga harus mewah, tamu yang hadir pun puas dengan hidangan yang ada

    ReplyDelete
  8. Wah paling seru nih ngecek venue buat wedding, jadi tahu beberapa lokasi ya. Aku suka lokasi yang pertama sih, Tepi Kota Bandung, cocok kayanya buat wedding semi outdoor gitu, tempat duduknya juga luas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. It's my dream mbak, it's my dream.. Punya wedding semi outdoor trus bisa nyapa tamu dg leluasa, tempat lega, dan makanan unlimited terus.. Wkwkwk malah jadi curhat 😂😂

      Delete
  9. Woow venuenya beneran bagus-bagus bangeet mau konsep indoor atau outdoor bisa sesuaikan dengan tema dan budget. Bakal jadi pengalaman yang ciamik sih.

    ReplyDelete
  10. Venue wedding yang aku suka nomor dua, Kak. Roemah K-Ve, Cimahi, keren nih konsepnya, ada outdoornya juga.

    ReplyDelete

Post a Comment